Gubernur Maluku Utara Resmi Buka STQH Halmahera Timur

Gubernur Provinsi Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba secara resmi membuka acara Seleksi Sari Tilawah Til Qur’an dan Hadis (STQH) ke XXVII tahun 2023 yang dilaksanakan di pelataran Mesjid Agung Iqra Kota Maba Halmahera Timur (Haltim) tahun 2023.

Gubernur dalam sambutannya diwakili sekretaris Daerah Maluku Utara Samsudin Kadir, mengatakan Kegiatan STQ Tingkat Provinsi ini adalah agenda rutin tahunan, guna menyeleksi, mempersiapkan, membina dan memantapkan kesiapan peserta tingkat Provinsi Maluku Utara menuju STQ Tingkat Nasional.

“Event ini bukan juga sekedar ajang kompetisi semata, namun hakekatnya rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan ini, menjadi sumber kesadaran bagi peningkatan komitmen umat, khususnya bagi generasi muda kita, untuk membaca, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur’an,” ujarnya Samsudi saat membacakan sambutan Gubernur, pada Kamis (15/06/2023).

Kata dia, semua peserta yang telah berjuang beberapa saat lalu di tingkat Kabupaten dan kota telah siap berlomba dan kali ini akan berusaha memberikan yang terbaik demi mengharumkan nama masing-masing daerah perwakilannya.

“Begitupun, para Dewan Hakim telah bersiap melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai porsinya masing-masing. Pelantikan dewan hakim dan panitera STQ beberapa saat lalu adalah sebuah kepercayaan dalam mengemban tugas dan amanah yang merupakan salah satu kewajiban dan syarat untuk memasuki penyelenggaraan STQ nanti,” katanya.

Dikatakan, para dewan hakim yang hadir saat ini adalah para dewan hakim yang sudah sering menjadi dewan hakim disetiap lomba namun dalam kesempatan ini penting sekali untuk mengingatkan kembali bahwa dalam melaksanakan penilaian, dewan hakim harus mengacu dan menjunjung tinggi kode etik dewan hakim.
” Karena dalam penilaian, dewan hakim sangat penting memegang teguh kode etik dewan hakim sebagaimana sudah tertuang didalam peraturan menteri agama,” ujarnya.

Samsudin menegaskan STQ ini merupakan bentuk syiar agama dalam mengamalkan Al-Quran di tengah-tengah masyarakat. maka, Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh masyarakat di Maluku Utara, Khususnya di kabupaten Halmahera Timur akan semakin memahami isi yang terkandung di dalam Al-Quran dan diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui kegiatan STQ, mari bumikan Al-Quran di Bumi Rempah-rempah ini, demi mempertebal keimanan dan keislaman kita, serta keberkahan dan keselamatan kita bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Provinsi Rahma Hasan, mengatakan dalam STQH ada tiga mata lomba yakni cabang Tilawatil Quran, Cabang Hafalan Qur’an dan Cabang Hafalan Hadist.

“Dengan peserta dari Kota Ternate sebanyak 17 peserta,Kota Tidore sebanyak 18 Peserta, Halmahera Barat sebanyak 12 peserta, Halamhera Tengah 14 peserta, Halmahera Timur 18 peserta, Halmahera Utara 11 peserta, Halmahera Selatan 14 peserta, Pulau Morotai sebanyak 10 peserta, Kepulauan sulan 10 peserta dan Pulau Taliabu sebanyak 8 peserta,”Ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan pembukaan STQH selain di hadiri Bupati Haltim Ubaid Yakub dan Wakil Bupati Anjas Tager, juga di hadiri oleh unsur Muspida provinsi maupun Kabupaten Halmahera Timur, serta sejumlah pimpinan SKPD provinsi maupun Kabupaten Halmahera Timur. Kegiatan pembukaan yang dipusatkan di Mesjid Agung Iqra Kota Maba, dibuka secara meriah karena diramaikan oleh musik gambus Alma dan Qorih Internasional Syamsuri Firdaus. Hadir pula warga Haltim yang memenuhi lokasi acara STQH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *