Jelang Tahun Pemilu 2024, Sekprov PWI Malut minta Polisi “Serumah” dengan Wartawan

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku Utara, meminta agar Polisi ‘serumah’ dengan Wartawan yang melakukan peliputan di tahun Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Sekprov PWI Maluku Utara, Samsir Hamajen di Rakernis Bidhumas Polda Malut yang digelar di Hotel Muara Mall Kota Ternate dengan melibatkan Kasi Humas Polres Kabupaten/Kota se-Maluku Utara pada selasa (22/8).

Kegiatan rakernis dengan Tema “Humas Polri Presisi, siap mengawal tahapan pemilu 2024, serta mengamankan Agenda Nasional 2023” itu dibuka langsung Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko.

Dalam kegiatan rakernis tersebut, Sekprov Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Maluku Utara Samsir Hamajen diundang menjadi salah satu diantaranya sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Dalam paparan Samsir yang dilanjutkan dengan diskusi itu, Samsir menegaskan bahwa Polisi harus serumah dengan wartawan.

Itu diartikan karena menghadapi tahun Politik 2024, Wartawan juga mendapatkan ancaman dalam peliputan tahun kepentingan Politik itu sendiri.

Kedua, di tahun Politik juga munculnya jurnalis gadungan yang merajalela, dengan begitu, pihaknya meminta agar Humas Polres Kabupaten Kota selain meningkatkan kemitraan Polisi dan Wartawan juga menjaga keamanan dalam Tugas wartawan di tahun politik tersebut.

Disisi lain, Samsir yang tahu benar tugas wartawan di liputan kriminal Polres, tentu bukan hanya pada informasi polres yang diperoleh namun perlu ada sekantor antara humas Polres dan Wartawan yang bertugas liputan di Polres itu sendiri.

“Jangan hanya wartawan di Undang saat konfrensi pers Kapolres maupun kapolda. Tetapi paling tidak ada progres bersama dalam keseharian bersama wartawan sekaligus membuka pintu informasi seluas luasnya terhadap wartawan.”Jelas Samsir.

Samsir juga menambahkan, polisi juga dalam memberikan masukan terhadap kepolisian dalam hal ini Bagian Humas di masing Polres, dimana ditahun Politik ini tentu muncul banyak jurnalis siluman.

Bahkan banyak pengaduan soal pemberitaaan hingga masuk ke laporan kepolisian, dengan begitu, Samsir menjelaskan bahwa soal gugatan pemberitaan dan wartawan ada pintunya di dewan pers dan media wartawan bersangkutan.

“Saya tegaskan, bahwa gugatan pemberitaan itu ada pintunya di dewan pers dan media bersangkutan.”Tutup samsir dalam kegiatan rakernis tersebut.

Dalam pembukaan Rakernis Bidhumas Polda Malut,. Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K selaku Kapolda Maluku Utara dalam sambutannya mengharapkan dengan dilaksanakan Rakernis Gabunhan ini dapat dipersiapkan dengan baik kegiatan kegiatan yang harus dilakukam sesuai dengan topoksi masing masing bidang dalam mewujudkan Maluku Utara yang aman damai dan sejatra jelang pelaksanaan pemilu 2024.

“Pastikan seluruh Personil polda Maluku Utara dan jajarannya paham aturan dalam pelaksanaan pemilu 2024 sehingga dapat meminimalisir pelanggaran dalam lapangan, laksanakan dan ikuti rakernis dengan baik.” tegas Kapolda saat pembukaan Rakernis tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *