Belum Setahun di Provinsi, Sekretaris PWI Malut Masuk Komposisi Pengurus PWI Pusat 2023-2028

Belum se-tahun menduduki Jabatan Sekretaris PWI Malut periode 2022-2027, Samsir Hamajen Ketua Pimpinan Sidang Kongres PWI Pusat ke XXV Bandung Provinsi Jawa Barat 25 September 2023 itu masuk komposisi pengurus Persatuan wartawan Indonesia (PWI) pusat periode 2023-2028.

Samsir Wartawan Malut Post (Grup Jawa Post) yang merupakan lulusan Magister Ilmu Politik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun 2022 ini menduduki posisi jabatan sebagai Sekretaris Bidang Pendidikan PWI pusat 2023-2028.

Samsir mewakili karir di PWI sebagai ketua PWI Halsel tahun 2019-2022, Kemudian naik lagi sebagai Sekretaris PWI Maluku Utara Periode 2022-2027. Samsir di kongres PWI pusat di Bandung jawa Barat dipilih menjadi pimpinan Sidang tetap bersama dua ketua PWI masing Masing Ketua PWI Jatim Lutfi Hakim, dan Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik yang masuk formatur PWI Pusat.

Dalam kongres yang berlangsung di Bandung tersebut melahirkan Hendrid CH Bangun sebagai ketua Terpilih merangkap ketua Formatur PWI Pusat periode 2023-2028. Samsir Hamajen dari karir pendidikannya, SD N Tabapoma Lulus 2000, MTS Alhairat Labuha Lulus 2023, SMA N 1 Bacan lulus tahun 2006.

Gelar S1 di Selesaikan di Program Studi Ilmu Politik Fisip Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) tahun 2011. Untuk tahun 2020, Samsir menempuh pendidikan S2 pada program Studi magister Ilmu Politik FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Program magister Ilmu Politik FISIP UMJ yang baru dibuka di tahun 2020 itu diselesaikan studinya dengan masuk wisudawan Pertama Magister Ilmu Politik FISIP UMJ pada Bulan Juni di tahun 2023 di Jakarta.

Samsir Hamajen dikonfirmasi mengatakan bahwa dalam komposisi pengurus PWI Pusat periode 2023-2028 diumumkan formatur termasuk namanya di posisi Sekretaris Bidang Pendidikan PWI Pusat. Pihaknya masuk pengurus Pusat atas dorongan ketua PWI Jatim dan ketua Sumut sesama pimpinan Sidang Kongres PWI Pusat ke XXV Bandung Jawa Barat.

“Iya karena ketua PWI Jatim dan Sumut yang mendorong saya masuk pengurus PWI Pusat di Posisi Sekretaris Bidang Pendidikan.”Jelas Samsir.

Meski begitu, dengan Amanah Organisasi dirinya siap menjalankan tugas. Apalagi saat ini kita masih menunggu intruksi dari pusat soal pelantikannya.”Karena kita di beri amanah masuk pusat, maka tugas kita tetap taat dan patuh dalam menjalankan tugas Organisasi.”Jelas Samsir yang juga Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Halmahera Selatan ini.

Sementara Dari Berita Media Nasional Melansir Hendry Ch Bangun Ketua Umum PWI Pusat yang terpilih Kongres Persatuan Wartawan Indonesia ke XXV di Bandung di damping H. Zulmansyah Sekedang dan Farianda Putra Sinik menyampaikan Susunan Pengurus Pusat PWI Periode 2023-2028, di Sekretariat PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih Jakarta, Sabtu (07/10).

Dalam kesempatan itu, Hendry mengatakan PWI harus kembali ke jati dirinya sebagaimana diputuskan dalam Kongres PWI di Solo 9 Februari 1946, “ikut menjaga kedaulatan negara”.

Dengan demikian maka PWI harus hadir, bersikap, memberi solusi dalam setiap masalah bangsa. Karena PWI bukan sekadar organisasi wartawan tetapi bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu kegiatan pertama PWI Pusat adalah peneguhan kembalinya PWI ke khittahnya yakni melaunching penguatan Pers Kebangsaan dan pembangunan Graha Pers Pancasila di Yogyakarta.

“Dalam rapat juga diputuskan untuk membentuk tim kecil penyelaras PDPRT sesuai dengan amanat dari kongres,” kata Hendry.

H. Zulmansyah Ketua PWI Riau yang juga Formatur Struktur Kepengurusan PWI Pusat berharap dengan semangat kebersamaan pengurusan PWI Pusat yang baru tanpa memandang kelompok karena PWI adalah rumah besar kita semua, namun karena keterbatasan jumlah maksimal struktur ada beberapa nama yang diusulkan tidak bisa masuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *