Bupati Halteng Hadiri Kegiatan Tanam Cabai di Pasantren Wairoro

Pejabat Bupati Halmahera Tengah, Ikram M. Sangadji, menghadiri Kegiatan “Tanam Cabai” yang dilakukan di Pondok Pesantren Salman Al-Farizi, Desa Wairoro Indah, Kecamatan Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah, Selasa (16/1/2024).

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Dinas Pertanian Halmahera Tengah dengan Pondok Pesantren Salman Al-farizi dalam rangka membantu program penanganan inflasi dan pengentasan kemiskinan.

Kehadiran Bupati Halteng Ikram, pada kegiatan tersebut merupakan prioritas utamanya yang masuk dalam program kerja, yaitu pengendali Inflasi Pangan di Halmahera Tengah guna menjaga kestabilan daya beli masyarakat.

Pj Bupati Halmahera Tengah, Ikram M. Sangadji, mengatakan pihaknya terus melalukan langkah-langkah preventif dan kolaboratif untuk peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Halmahera Tengah.

“Pemerintah sudah sangat bekerja keras dalam mengintervensi daya beli masyarakat derhadap produk pertanian salah satunya tanaman cabai yg pernah berada di harga Rp.170.000/kg, pemerintah mengtervensi Rp.110.000/kg sehingga masyarakat bisa merasa sanggup dalam membeli cabai di pasar” ujar Pj Bupati.

Ikram juga menambahkan bahwa pemerintah harus memahami filosofi inflasi, sehingga tidak stagnan dengan pasrah terhadap harga pasar yang semakin tingga tanpa mengetahui akar dari kondisi harga yang semakin membludak.

Ia menegaskan pemerintah harus menginventarisir data petani, kelompok tani, luas lahan, jumlah komoditi yang ditanam, kebutuhan bibit, pupuk dan kebutuhan air sehingga ini menjadi data bagi pemerintah dalam melakukan pengendalian inflasi agar bisa memproduksi hasil pertanian secara mandiri

“SilahkAn lakukAn penanaman, dan saya akan berdayakan perempuan melalui PKK. Hasil produksi pondok pesantren akan di ambil oleh PKK dan akan di jual ke darma wanita dan darmawanita akan jual dipasar secara langsung,” tutupnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ridwan M. Ilyas selaku Pengasuh Ponpes Salman Alfarizi merespon dan memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimaksih Kepada Dinas Pertanian yang telah menjadi garda terdepan dalam membantu pondok pesantren salman al-farizi.

“ponpes salman sedang melaksanakan beberapa program yang berkaitan dengan upaya ekonomi mandiri dan sejauh ini bidang pertanian, peternakan dan perikanan adalah target kami” ujarnya.

“Ponpes akan berusaha menyerap ilmu dan memanfaatkan petani milenial dengan konsep pertanian moderen ponpes juga bisa membantu pemerintah dalam rangka menekan inflansi di daerah kita ini”tutup Pengasuh Ponpes Salman Alfarizi dalam sambutannya.

Sedangkan Kadis Pertanian, Yusmar Ohorella, dalam wawancara menyampaikan, bahwa dinas pertanian akan terus bekerja keras dalam memberikan stimulan bagi masyarakat agar terus melakukan budidaya pertanian secara mandiri, agar Halteng di tahun 2024 bisa menjadi petani yg mandiri dan tidak bergantung pada pasar luar.

Seluruh rangkaian kegiatan “Tanam Cabai” tersebut, ditutup dengan penanaman bersama secara simbolis tanaman cabai oleh bupati, pj sekda, jajaran pejabat eselon II lingkup Pemda Halmahera Tengah dan seluruh santri pondok Pesantren Salman Al-farizi, Desa Wairoro Indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *