Hadiri Kegiatan Bimtek DPMD, Begini Harapan Bupati Halmahera Selatan 

Hasan Ali Bassam Kasuba, Bupati Halmahera Selatan (Halsel), hadiri Kegiatan sekaligus membuka kegiatan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa tahun 2024 yang berlangsung di ruang Aula Kantor Bupati pada Kamis, (08/02/2024).

Bupati Halsel menyampaikan bahwa, Pengelolaan Keuangan Desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan, Penatausahaan serta Pelaporan dan Pertangungjawaban keuangan Desa yang perlu dikelola dengan secara tertib.

“Saya mengajak semua yang hadir disini, membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam penyelengaraan pemerintahan ditingkat Desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif,” imbuh Bassam saat menyampaikan Sambutannya dihadapan para peserta yang mengikuti Bimtek.

Bassam juga berharap, seluruh peserta dari Pemerintah Desa yang sudah mengikuti Pelatihan melalui kegiatan Bimtek yang diselenggarakan ini agar dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sebagai pemantapan kinerja Aparatur Desa di Kabupaten Halmahera Selatan pada umumnya yang difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Untuk peningkatan Aparatur yang Berkompoten dan Profesiaonal serta peningkatan kualitas aparatur dalam Pemerintahan Desa yang baik, bersih dan transparan dibutuhkan sumber daya manusia yang terlatih. Dalam upaya mewujudkan dan membentuk kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta profesionalisme aparatur Pemerintah Desa.

“Maka perlu dilakukannya pembinaan melalui pelatihan yang mengarah pada pengetahuan, kepribadian, terampil dan bertangung jawab,” ucap Bassam.

Basam menjelaskan, sehingga dalam Pengelolaan Keuangan Desa kedepan bisa terarah dan sesuai setelah selesai penyelengaraan dan pelatihan ini, peserta bisa memahami kebijakan pemerintah dalam tata kelola Pemerintah Desa, memahami Perencanaan Pembangunan Desa, memahami terampil menyusun RKPD-es dan APBDes, serta memahami Perencanaan dan pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa.

“Tahun 2024 ini adalah merupakan tahun politik apalagi kurang lebih beberapa hari lagi kita akan menghadapi pemilihan umum. Juga kedepanya akan ada momentum politik yang lain,” pungkasnya.

“Saya berpesan kepada Pemerintah Desa agar dapat menjaga stabilitas politik dan keamanan, jangan sampai ada gesekan serta hindari jangan sampai ada benturan, apalagi ada yang mengadu domba,” sambungnya.

“Stabilitas keamanan harus dijaga karena kondusifitas daerah yang aman, tertib dan lancar menjadi kebutuhan kita bersama dan kewajiban bersama pula dalam menjaga dan memeliharanya”, sambahanya.

Lebih lanjut, Basam menuturkan terkait dengan dinamika politik yang intens kepada Pemerintah Desa, tentunya memiliki peran krusial dalam menjaga stabilitas berjalannya momentum Politik ini.

“Maka sikap yang saya harapkan untuk pemerintah desa adalah fokus pada Petralitas dengan tidak terlibat pada politik praktis, tidak melakukan dukungan terbuka terhadap Partai Politik atau calon tertentu namun bersikap profesional yaitu tetap fokus pada tugas pokonya tanpa dipengaruhi oleh dinamika politik yang mungkin terjadi diluar lingkup pekerjaan”, tuturnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga menyampaikan terimakasih untuk DPMD Halsel beserta para peserta Bimtek yang sudah melakukan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa dan melibatkan para Pemerintah Desa.

“Semoga kegiatan ini akan membawa manfaat bagi peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah desa dikabupaten Salmahera Selata”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *