Deretan Figur yang Digadang-gadang Bertarung di Pilkada Halteng

Proses tahapan pemilu 2024 khususnya di Halmahera Tengah (Halteng) telah dilaksanakan dan menunggu perhitungan suara dirampungkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halteng. Kini, sejumlah nama bakal calon (balon) yang akan maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Halteng 2024 mendatang mulai bermunculan.

Sejumlah nama yang digadang-gadangkan dan ramai diwacanakan diruang publik adalah, tokoh-tokoh Fagogoru yang berstatus sebagai Aparatur Negara dan Aparatur Sipil Negara, maupun wajah lama dari politisi yang sudah pernah menjabat sebelumnya.

Adapun tokoh-tokoh Fagogoru yang sering disebut adalah Kolonel Marinir Ridwan Azis (Komandan Lanal Ternate), Arif Jalaludin (Kadis PUPR Halteng), Rahim Odeyani politisi Nasdem dan mantan wakil Bupati Halteng periode 2017-2022).

Namun ada yang menarik, yaitu nama Ir. Ikram M Sangadji M.Si yang saat ini sebagai Penjabat Bupati Halteng, juga masuk dalam wacana bakal calon Bupati Halteng.

“Pilkada nanti pada 27 November 2024 sampai saat ini belum ada pikiran saya untuk mendiskusikan,” kata Pj Bupati Halteng saat dimintai tanggapannya.

Terkait dengan namanya yang diwacanakan masuk dalam bursa pilkada Halteng, IMS sapaan akrab Ikram itu mengatakan, dirinya saat ini fokus dengan tugas dan tanggung jawab negara yang diembannya.

“Masih banyak tugas yang harus saya kerjakan terutama kebijakan insentif sosial dan stimulus ekonomi bagi UMKM dan usaha kecil lainnya. Saya harus segera selesaikan RTRW yang cukup lama tidak diselesaikan, penataan kota Weda dan yang urgen saat ini adalah pelayanan air bersih yang harus segera diselesaikan pada tahun 2024 untuk dinikmati masyarakat. Seperti pelayanan listrik yang tadinya sering padam tanpa mengenal waktu, sejak akhir Maret 2023 sudah dapat dinikmati masyarakat 24 jam walaupun masih mengalami gangguan teknis bukan karena defisit kapasitas listrik. Demikian juga pelayanan listrik di dusun Lopong desa Sidanga, akhirnya pada tanggal 29 Desember 2023 telah dinikmati masyarakat,” ungkapnya

Hal senada juga disampaikan Ridwan Azis, dirinya saat ini fokus bekerja sebagai abdi negara yang dipercayakan sebagai Komandan Lanal Ternate. Tapi jika warga masyarakat fagogoru menginginkan dirinya menjadi Bupati Halteng, ia tidak berhak menolak apa yang diinginkan masyarakat Halteng.

“Kalau masyarakat menginginkan itu, saya tidak berhak menolak,” cetusnya

Begitu juga dengan Arif Jalaludin, dirinya selalu update dengan perkembangan situasi politik saat ini karena namanya juga digaungkan maju bertarung di Pilkada Halteng mendatang.

“Bukan berarti diam, saya menyadari sebagai PNS maka saya tentu harus beretika. Saya punya pimpinan. Terkait dengan keinginan untuk mengawal, menjaga dan memelihara Pnu Re Boton (Kampung dan Daerah) ini suda menjadi dorongan saya. Dan nanti tiba pada waktunya, saya pasti angkat bicara,” bebernya

Sementara Rahim Odeyani saat dimintai tanggapanya, Ia mengatakan meskipun masih membutuhkan Satu kursi untuk berkoalisi dalam kontestasi pilkada Halmahera Tengah, partai nasdem sebagai salah satu peserta pemilu yg memperoleh Tiga kursi juga memberikan peluang bagi kader Nasdem untuk di dorong sebagai salah satu atau bakal calon bupati Halmahera Tengah.

“Saat ini saya belum bisa menyatakan sikap mau maju atau tidak, karena masih menunggu hasil penetapan kursi oleh KPU maupun masih membaca dinamika dan peta politik menuju momentum pilkada pada bulan November tahun 2024,” tukasnya

Dalam pantauan media ini, dari sekian tokoh yang ramai diwacanakan di media sosial maupun di ruang-ruang publik adalah nama Ridwan Azis, Ikram M. Sangadji, Arif Jalaludin dan Rahim Odeyani. Hal itu ditandai dengan ramainya ke Empat tokoh ini yang dipulikasikan melalui akun Facebook milik warga Halmahera Tengah, sementara nama-nama lain memang baru sebatas wacana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *