Gunung Ibu Terus Erupsi, Basarnas Monitoring Warga Terdampak

Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara hingga saat ini terus erupsi, letusan siang tadi terjadi pada pukul 14.01 WIT, dengan menghembuskan abu setingga 5000 meter,( Selasa 21/5 2024).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi sementara ini ± 6 menit 21 detik.

Erupsi ini terdengar dentuman dan gemuruh sampai ke pos pengamatan gunung ibu. saat ini Gunung Ibu masih level 4 awas, dan terus berpotensi erupsi karena aktivitas kegempaan vulkanik masih meningkat.

Merespon hal ini, Basarnas Ternate bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat langsung melakukan Patroli ke 3 Desa di wilayah kaki gunung ibu, dimana daerah tersebut merupakan ke kawasan rawan bencana.

Selain itu, Basarnar dan BPBD juga melakukan pembagian masker terhadap warga terutama lansia dan anak-anak di Desa Pasa Lulu, Desa Tugureba Tua dan Desa Tugureba Sungiokus fokusn melakukan pembagian masker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *