Kelompok Tani di Halmahera Selatan Bakal Terima Bantuan Kemendes RI

Halmahera Selatan – Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atau Kemendes PDTT Republik Indonesia saat ini tengah gencar melancarkan Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu atau TEKAD.

Program tersebut merupakan Program kolaborasi Kemdes PDTT dengan International Fund for Agriculture Development (IFAD) untuk memberdayakan kelompok tani Maluku Utara, seperti di Kecamatan Gane Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara ada 5 kelompok tani tang telah terbentuk.

“Terkait dengan progres musyawarah pembentukan dan penetapan kelompok Penerimaan Bantuan( KPB ) yang dilaksanakan 5 desa di kecamatan Gane Timur Tengah” ujar Abadan Halek Fasilitator Pengembangan Ekonomi. (5/8/24).

Kelompok tani yang telah terbebtuk di 5 Desa tersebut adalah Desa yakni Desa Matuting, Desa Matuting Tanjung, Desa Tabahijrah, Desa Lelewi dan Tagia yang telah terbentuk 5 kelompok tani.

Dimana kelima kelompok tani tersebut akan menerima bantuan berdasarkan kebutuhan pengembangan pertanian mereka, program ini berlaku 3 Kabupaten di Provinsi Maluku Utara yakni Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kabupaten Halmahera Tengah.

“Patut kami syukuri, program ini telah kami jalankan tahapannya hingga di pembentukan kelompok tani. Harapannya program ini dapat memberdayakan masyarakat desa agar dapat berkontribusi pada transformasi pedesaan” ujar Surachman Manan, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat, Pendamping Kecamatan Gane Timur Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *