Kepala BNPB dan Menko PMK Tinjau Lokasi Bencana Banjir di Ternate

Ternate – Mentri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Suharyanto, mengunjungi lokasi bencana banjir bandang di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate pada hari Selasa (27/8).

Menko PMK, Muhadjir Effendy, tiba di Ternate pada Selasa siang, dan langsung menggelar rapat koordinasi dengan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kota Ternate, untuk membahas penanganan pasca banjir bandang yang melanda kawasan permukiman warga di Kelurahan Rua.

Selain itu, Menko PMK, Muhadjir Effendy, bersama Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto juga meninjau langsung lokasi pengungsian dan kawasan permukiman warga yang dilanda banjir.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan Pemerintah pusat bakal mengkucurkan dana untuk mengstimulan pembangunan rumah warga yang rusak akibat bencana banjir.

“Intinya kami mendukung langkah Pemerintah Provinsi maupu Pemerintah Kota Ternate dalam melakukan penanganan pasca banjir ini, kami telah mengkucurkan dana siap pakai kepada tim tanggap darurat sebanyak 1.4 Milyar. kami juga akan memberikan dana stimulan kepada warga yang rumahnya rusak akibat bencana ini”ujar Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto.

Suharyanto menjelaskan, untuk rumah rusak berat akan diebrikan dana senilai 60 juta rupiah, sementara rusak sedang 30 juta rupiah dan rusak ringan sebesar 15 juta rupiah. Sementara itu ada juga dana penunggu pembangunan rumah bagi kepala keluarga senilai 500 ribu perbulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *