Gunung Ibu Erupsi, Hembuskan Abu Vulkanik Setinggi 1500 Meter

Ternate – Gunung Ibu yang terletak di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pagi tadi menunjukkan aktivitas erupsinya dengan menghembuskan abu vulkanik setinggi 1500 meter diatas permukaan puncak gunung. Kamis (12/9).

Erupsi terjadi pada pukul 06.00 WIT Kamis pagi, teramati kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong mengarah ke tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi ± 1 menit 15 detik.

“Telah terjadi erupsi G. Ibu, Maluku Utara pada tanggal 12 September 2024 pukul 06:21 WIT dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak (± 2.825 m di atas permukaan laut)”tulisan dalam reles resmi Pos Pengamatan Gunungapi Ibu.

Sementara itu, terdengar suara dentuman lemah sampai di Pos PGA Ibu saat erupsi tersebut berlangsung. Saat ini Gunung Ibu berada pada status Level III (Siaga)

Warga atau pengunujung, maupun wisatawan di sekitar Gunung Ibu digimbau agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *