Ibu Rumah Tangga Kreatif, Kembangkan Produk Lokal Minuman Sarabati

Sofifi – Sejumlah ibu rumah tangga di Sofifi, Kecamatan Oba Utara, Tidore Kepulauan mengembangkan produk lokal minuman khas Tidore yakni, sarabati, langkah inisatif ini diambil untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Produk lokal yang diberi nama Sarabati itu baru berjalan selama dua minggu yang dikembangkan 6 orang ibu rumah tangga, diantaranya, Ramla Soleman, Aisa Bahrudin, Anti Amarullah, Irma Abdullah, Suriyani Umar, Janiba Hadi. kelompok UMKM mereka dinamakan kelompok Samudera.

Adapun produk lokal minuman Sarabati itu, diolah menggunakan bahan yang teridi dari buah nanas, jahe, kayu manis, lemon nipis, dan daun kemangi.

Ramla Soleman, mengatakan bahwa pihaknya sangat berterimah kasih kepada pihak koperasi pelayaran rakyat samudra yang sudah memberikan kepercayaan dan sekaligus memodali mereka untuk mengembangkan UMKM.

“Torang (ibu-ibu) mengucapkan terima kasih kepada pihak koperasi pelayaran rakyat samudra yang telah mempercayai dan memodali torang untuk mengembangkan UMKM, salah satu yang kami kembangkan adalah minuman tradisional yakni Sarabati,” akunya.

Ramla menjelaskan, bahwa minuman Sarabati tersebut sudah diperjual belikan secara umum, selain itu mereka juga berencana menjadikan minuman Sarabati sebagai oleh-oleh yang bisa menarik pembeli baik lokal maupun nasional.

“Minuman Sarabati merupakan bukti koperasi pelayaran rakyat samudra peduli terhadap perempuan yang mau mengembangkan usaha untuk bisa berdiri dibawah kaki sendiri” ujarnya.

“Harapannya Pemerintah Provinsi melalui Dinas Koperasi dan UKM bisa lihat torang punya jeripaya untuk mengembangkan dan memajukan Sofifi lewat UMKM kearifan lokal” harapnya.

Ramla mengungkapkan, bahwa dari segi harga minuman Sarabati yang dijual dibandrol dengan harga Rp20.000 perbotol nya.

Terpisah, Sekretaris Koperasi Pelayaran Rakyat Samudra, Nasrullah La Madi mengatakan bahwa Koperasi Pelayaran Rakyat Samudra berkomitmen dengan cara menggandeng Ibu-Ibu untuk mengembangkan UMKM.

“Pengembangan UMKM pada sektor kearifan lokal merupakan aspek yang sangat penting dan strategis dalam upaya membangun kemandirian ekonomi” ujarnya.

Nasrullah mengaku, bahwa UMKM yang dikembangkan pihaknya sebagai upaya mendorong kemandirian ekonomi sesuai spirit undang-undang dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi anggota koperasi.

“Koperasi Pelayaran Rakyat Samudra terus tampil pada garda terdepan untuk menggerakkan inovasi dan kreatifitas anggotanya” cetusnya.

Nasrullah bilang, pengembangan Minuman Sarabati samudra ini menjadi salah satu upaya dalam memperkuat ekonomi lokal sebab, Sofifi butuh sentuhan lokal sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan dan pendatang yang berkunjung di Sofifi.

“Harapannya dapat menjadi contoh koperasi yang berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian daerah”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Samudra memang beda, semoga Koperasi dan seluruh usaha yang berjalan di bawah kontrol Koperasi Samudra berkembang dan bermanfaat bagi setiap orang