UPP Jailolo Bakal Gelar Gladi Layanan Emberkasi

Jailolo – Kementerian perhubungan Direktoral Jenderal perhubungan laut, kantor unit penyelenggara pelabuhan (UPP) kelas III Jailolo akan menggelar gladi layanan Embarkasi/Debarkasi pada Senin 16 September 2024 mendatang.

Hal itu merujuk pada surat direktur jenderal perhubungan laut dengan nomor surat yang tertuang AL.015/7/20/DJPL/ 2024.tentang pelaksanaan singgah di pelabuhan Jailolo pada trayek KM. Dorolonda tahun 2024.

Kepala UPP Kelas III Jailolo, Rosihan Gamtjim, menyatakan, bahwa dalam rangka persiapan layanan kapal KM.Dorolonda di pelabuhan Jailolo untuk itu pihaknya mengundang dan mengikuti proses Gladi persiapan layanan Rede kapal Pelra (kapal kayu dan Speedboat) pangkalan Jailolo dan Payo yang akan diselenggarakan pada Senin mendatang di pelabuan Jailolo.

“Simulasi dan ilustrasi mekanisme proses Embarkasi debarkan penumpang kapal KM. Dorolonda di titik labuh kolam pelabuhan Jailolo,” kata Rosihan kepada media saat menerima rilisan pada Rabu 14 September 2024.

Rosihan memaparkan, pelayanan Embarkasi dan Debarkasi kapal KM. Dorolonda di titik labuh kolam pelabuhan Jailolo melalui Speed Boat dikenakan tarif Rp. 20.000,- per penumpang sesuai dengan SK. Bupati Kabupaten Halmahera Barat No. 206/KTPS/IX/2024 Tanggal 12 September 2024 (Tarif tersebut sudah termasuk biaya asuransi kecelakaan).

“Besaran biaya jasa buruh angkat barang disesuaikan berdasarkan kesepakatan antara pemilik barang dan buruh pengangkut barang (Buruh TKBM),” ujarnya.

Rosihan menambahakan, SpeedBoat yang telah dimuat penumpang dengan kapasitas yang sudah disesuaikan bergerak dari dermaga speed boat pelabuhan Jailolo menuju titik labuh kapal dengan jarak 0,8 NM dan menempuh waktu 5-10 menit.

Sambung rosihan, setelah selesai mentransfer penumpang naik, Speed Boat dapat mengangkut penumpang dan barang yang turun dari kapal. proses transfer penumpang dilakukan melalui kapal kayu sebagai kapal penghubung menuju sisi lambung kapal KM. Dorolonda dimana tangga kapal diturunkan.

“Speed Boat yang telah terisi penumpang dan barang turun meninggalkan kapal penghubung menuju dermaga Speed Boat pelabuhan Jailolo,” katanya.

“Penumpang dan barang turun dapat menuju areal ruang tunggu areal penjemputan,”kata Rosihan Gamtjim.

Lanjut Rosihan, Speed Boat Feeder secara bergiliran mengulangi siklus hingga seluruh penumpang dan barang dapat terangkut di atas kapal.

“Setelah seluruh penumpang dan barang terangkut diatas kapal, kapal kayu penghubung bergerak keluar dari sisi lambung kapal KM. Dorolonda,” ujarnya.

Masi kata Rosihan, kapal KM. Dorolonda dapat melanjutkan ke proses keberangkatan kapal dan melakukan olah gerak keluar pelabuhan Jailolo.

“Terima kasih buat Ibu Irene Yusiana Roba Putri, Anggota Komisi V DPR-RI Dapil Maluku Utara yang meminta secara sungguh-sungguh kepada bapak Menteri Perhubungan dan bapak Dirjen Perhubungan Laut untuk mendekatkan pelayanan kapal KM Dorolonda kepada masyarakat di Maluku Utara khususnya masyarakat yang mendiami pulau Halmahera Maluku Utara,” akunya.

Terakhir, terimakasih kepada bapak Gubernur Malut dan jajaran, bapak Bupati Halmahera Barat dan jajaran teman- teman di DPRD Halbar, Kesultanan Jailolo dan Masyarakat untuk rencana perdana layanan kapal KM Dorolonda mendekatkan pelayanan publik di Pulau Halmahera. tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *