Minggu 15 September, Gunungapi di Halmahera Alami 12 Kali Letusan

Jailolo – Gunungapi Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara mengalami letusan sebanyak 12 kali dalam sehari pada Minggu 15 September 2024. Ketinggian kolom abu teramati 300 hingga 700 meter diatas permukaan puncak gunung.

Pos Pemantau Gunungapi Ibu mencatat, erupsi terakhir yang terjadi selama hari minggu kemarin, pada pukul 23.43 WIT dengan ketinggian kolom abu 700 meter atau kurang lebih 2.025 meter dari permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 1 menit 2 detik”ujar PGA Ibu, dalam laporan resminya.

Saat ini Gunung Ibu berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung, wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *