Genjot Kompetensi, Disnakertrans Malut Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Operator Alat Berat

Ternate – Upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor industri dan pertambangan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Maluku Utara lakukan pelatihan untuk operator alat berat.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Disnakertrans Malut, Nirwan Turuy mengatakan, langkah ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan operasional yang semakin kompleks tetapi juga sebagai bentuk investasi jangka panjang pada perkembangan profesional tenaga kerja lokal Maluku Utara.

Kemudian sambung Nirwan, lisensi yang diberikan merupakan lisensi resmi yang diterbitkan oleh Kemnaker dan tercantum di situs web Kemnaker, ini berlaku di seluruh negara karena standarnya internasional. Sedangkan materi disampaikan oleh instruktur mencakup pokok-pokok pelatihan dan sertifikasi SIO alat berat diantaranya kebijakan dan peraturan K3 alat berat, pengetahuan tentang alat berat, penyebab kecelakaan serta cara mengoperasikan alat berat dengan aman.

“Program pelatihan dan sertifikasi ini memberikan dampak positif, baik bagi karyawan maupun perusahaan. Bagi karyawan, ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing mereka dengan tenaga kerja dari luar Maluku Utara,” jelas Cikal sapaan akrab Nirwan Turuy.

Dia bilang, kegiatan ini bertujuan dapat melahirkan tenaga kerja yang lebih kompeten, produktif dan siap menghadapi tantangan industri yang terus berkembang. Disnakertrans Malut percaya bahwa investasi pada SDM adalah kunci utama untuk mencapai kesuksesan jangka panjang dengan adanya perusahaan-perusahaan yang banyak di Maluku Utara.

“Dapat menyerap tenaga kerja lokal Maluku Utara melalui program pelatihan dan sertifikasi ini. Besar harapan kami kegiatan ini dapat menciptakan tenaga kerja yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki etos kerja yang tinggi dan berkomitmen terhadap standar keselamatan dan lingkungan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. Peningkatan kapasitas SDM merupak upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, dgn skill serta kapasitas yg handal karyawan dapat melaksanakan tugas perusahan dgn baik.

  2. Peningkatan kapasitas SDM merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, dgn skill serta kapasitas yg handal karyawan dapat melaksanakan tugas perusahan dgn baik. Oleh karena itu dinas terkait harus dapat melakukan berbagai kegiatan termasuk pendidikan dan pelatihan agar kedepannya nanti maluku utara memiliki tenaga kerja yg trampil dan punya skill untuk dapat memenuhi seluru kebutuhan tenaga kerja yg punya spesifikasi khusus buat memenuhi kebutuhan pangsa kerja atau pasar kerja dimaluku utara.