Tingkatkan Kesiapsiagaan, Basarnas Ternate Latihan Evakuasi Korban di Tebing

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate gelar pelatihan Sar beregu dan satuan di Tebing Sampalo, Kelurahan Jambula, Kota Ternate. kgiatan iniĀ berlangsung selama 4 hari dari tanggal 01 s/d 04 Agustus 2023.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman pada pagi Selasa (01/08/23), kegiatan Latihan Beregu dan Satuan ini guna meningkatkan kesiapsiagaan serta kompetensi tim rescue Sar Ternate di medan ketinggian atau vertikal. Dimana latihan sangat penting bagi rescuer atau penolong untuk mengasah kemampuan.

Adapun peserta Latihan sebanyak 25 orang personel. Kegiatan pelatihan, dimulai dengan pemberian materi teori di Gedung Serbaguna Basarnas Ternate yang kemudian dilanjutkan dengan materi praktek di Tebing Sampalo, Kelurahan Jambula, Kota Ternate.

“Materi pelatihan berupa teori dan praktek, seperti sistem lifting, lowering, hingga manajemen tandu dan juga MFR (Medical First Responden). Keterampilan bidang penyelamatan di ketinggian sering dilakukan untuk mengantisipasi beberapa jenis bencana seperti”ujar Faturahman

“Kecelakaan kendaraan bermotor/mobil masuk jurang, orang masuk ke sumur maka dari tujuan digelarnya pelatihan itu untuk memberikan keterampilan pada Rescuer untuk menghadapi kecelakaan atau bencana di area ketinggian. Sehingga bisa maksimal dalam memberikan pelayan SAR yang cepat, tepat, dan profesional”tambahnya.

Untuk diketahui, kegiatan Latihan SAR Beregu dan Satuan ini pun mendatangkan Tim Observer dari Basarnas Pusat untuk memantau langsung pelaksanaan kegiatan selama 4 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *