Viral, Karyawan Disuruh Copot Bendera Merah Putih dari atas Truk, Begini Kata IWIP!

Sebuah video berdurasi 9 menit yang memperlihatkan dua orang operator dump truk di sebuah perusahaan tambang sedang mencopot bendera merah putih dari atas truk viral di media sosial.

Nampak pada video itu, seorang operator menaiki badan dump truk lalu mencabut tiang yang terpasang bendera merah putih di atas cup truk, sementara satu orang lainnya menunggu tepat samping depan truk untuk mengambil bendera tersebut.

Setelah dikonfimasi, peristiwa tersebut terjadi di PT IWIP pada hari minggu. (6/8/2023). Hal itu dibenarkan Deputy Manajer Komunikasi PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), Mappalara Simatupang, melalui pesan via WhatsApp. Minggu(6/8/23).

Kata Mappalara Simatupang, peristiwa itu tidak sama sekali bermaksud melarang pengibaran bendera merah putih di kawasan pertambangan jelang kemerdekaan Indonesia.

“Tidak benar informasi yang beredar bahwa IWIP melarang pengibaran bendera merah putih di Kawasan IWIP” ujar Deputy Manajer Komunikasi PT IWIP.

Namun, lanjut Mappalara, hal ini menyangkut peraturan keselamatan kerja di lingkungan industri dan tambang, bahwa ada karyawan yang mengabaikan aspek regulasi, disiplin, dan safety.

“Tidak dibolehkan memasang atribut dan aksesoris tambahan di unit alat berat yang dapat mengganggu pandangan operator/driver sehingga berpotensi menimbulkan insiden keselamatan/kecelakaan”ujar Mappalara.

Selain itu Mappa juga mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, saat ini IWIP justru sedang mempersiapkan diri untuk merayakan kemerdekaan RI ke-78 secara meriah, termasuk upacara bendera dan berbagai perlombaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *