Warga Maluku Utara Harus Tahu, Serumbi dan Pekan QRIS Nasional Bakal Digelar di Ternate

Memeriahkan HUT RI ke 78 di Ternate, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku Utara bakal menggelar Pekan QRIS Nasional yang dirangkaikan dalam Festival Semarak UMKM dan Keuangan Digital (SERUMBI) pada 18 hingga 20 Augustus mendatang.

Pesta rakyat UMKM ini menyusun tema “Semangat Inovasi dan Sinergi untuk Kebangkitan Ekonomi Maluku Utara” yang merupakan hasil sinergi dengan pemerintah daerah baik dari Provinsi maupun Kota Ternate.

R. Eko Adi Irianto selaku KPW BI Maluku Utara, mengatakan, Serumbi merupakan puncak dari rangkaian program pengembangan UMKM binaan Bank Indonesia periode 2023.

Eko menjelaskan, berawal dari kegiatan kurasi UMKM di Provinsi Maluku Utara yang awalnya berjumlah 137 UMKM menjadi 17 UMKM.

Selanjutnya 17 UMKM tersebut mendapatkan pelatihan mengenai Standarisasi Produk, Digital Marketing dan Proses Rebranding.

“Selama proses tersebut juga dilakukan seleksi secara berkala sehingga pada akhir program terdapat 7 UMKM yang selanjutnya menjadi calon UMKM binaan/mitra Bank Indonesia lainnya” kata Eko dalam paparnya di Ruang Rapat Bank Indonesia Jumat, (11/8/2023).

“7 UMKM inilah yang akan kami tampilkan di SERUMBI bersama dengan 14 UMKM binaan/mitra Bank Indonesia lainnya,”imbuhnya.

“Selain pameran UMKM terdapat juga penyelenggaraan Business Matching antara perbankan dengan UMKM binaan Bank Indonesia,”sambungnya.

Sementara Pekan QRIS Nasional dalam rangka mendorong perluasan QRIS yang meliputi penggunaan dalam transaksi, jumlah merchant dan jumlah pengguna.

Pekan QRIS Nasional ini diselenggarakan secara serentak se-nasional yang berlangsung dari tanggal 14-20 Agustus 2023 dengan mengusung tema “Wujudkan Semangat 45, QRISnya satu, menangnya banyak” di Maluku Utara.

Pekan QRIS sendiri di mulai dari tanggal 14 Agustus 2023 di Royal Resto, lalu dilanjutkan dengan program QRIS yang disinergikan dengan rangkaian acara Pemkot Ternate melalui acara Gerak Jalan.

Selain itu pada hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2023 dilaksanakan juga di lokasi pelaksanaan upacara Kota Ternate di Lapangan Salero.

Selanjutnya di SERUMBI juga terdapat launching Pasar SIAP QRIS sebagai bagian puncak dari acara Pekan QRIS Nasional Maluku Utara.

“Festival ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat inovasi dan sinergi dalam rangka kebangkitan ekonomi Maluku Utara melalui pemberdayaan UMKM dan akselerasi keuangan digital”tutur Eko.

“Selain itu, Festival ini diharapkan juga dapat membantu meningkatkan awareness masyarakat umum dalam penggunaan QRIS sebagai media pembayaran sehari-hari,”tutup Eko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *