Opening Ceremony Festival SERUMBI Resmi Digelar di Landmark Ternate

Festival Semarak UMKM dan Keuangan Digital atau disingkat “SERUMBI” resmi digelar di Landmark, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada pagi tadi, Jum’at (18/8/2023). Festival yang bertemakan “Wujudkan Semangat 45. QRIS nya satu menangnya banyak!” ini, digelar oleh Bank Indonesia, Maluku Utara.

Festival SERUMBI ini juga merupakan bagian dari penyelenggaraan Pekan QRIS Nasional tahun 2023 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 14 hingga 20 Agustus.

Kepala Bank Indonesia, Perwakilan Provinsi Maluku Utara, R.Eko Adi Irianto mengatakan, Festival ini merupakan event pertama di Maluku Utara hasil kolaborasi antara pameran UMKM yang merupakan puncak selebrasi pengembangan UMKM yang telah dimulai dari awal tahun dengan perayaan perluasan digitalisasi sistem pembayaran khususnya pada penggunaan QRIS di Maluku Utara dalam rangka mendukung inklusi keuangan pada masyarakat serta UMKM.

“Penyelenggaraan Festival SERUMBI ini tidak terlepas dari kolaborasi dan sinergi dari Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara, Kota Ternate serta Perbankan. Sehingga sejalan dengan tema yang diangkat pada Festival SERUMBI ini yaitu “Semangat Inovasi dan Sinergi demi Kebangkitan Ekonomi Maluku Utara”ujar Kepala BI Maluku Utara, R.Eko Adi Irianto.

Di tahun ini, BI Malut menerima sedikitnuya 137 UMKM pendaftar program seleksi dan kurasi berasal dari berbagai kota/kabupaten di Maluku Utara. Setelah dilakukan proses kurasi secara langsung oleh master kurator, BI Malut memperoleh 17 UMKM.

“17 UMKM ini selanjutnya kami ikutkan kegiatan pelatihan antara lain mengenai Standarisasi Produk, Digital Marketing serta Manajemen Keuangan dan Usaha untuk meningkatkan penjualan, mutu produk dan kapasitas usaha”jelas R.Eko

Pada akhirnya terpilih 7 UMKM yang disiapkan untuk onboarding ke online marketplace serta melakukan rebranding produk dan saat ini terbukti, diantaranya 1, Memiliki kelembagaan yang baik (kelengkapan legalitas usaha dan sertifikasi produk). 2, Menghasilkan produk yang bermutu dengan kemasan yang menarik, dan 3 Memiliki online marketplace seperti di iklankan di facebook apabila memasukkan keyword ‘kenari’ atau produk UMKM Maluku Utara.

“Secara khusus, 7 UMKM lolos program SERUMBI me-launching pertama kali kemasan rebranding mereka di pameran ini. Kami berharap, UMKM dapat terus mengembangkan usahanya berbekal dari proses kurasi, pelatihan dan pendampingan yang telah kami rancang. Tentu saja, dengan selalu senantiasa berkoordinasi dengan dinas/lembaga terkait untuk terus mendorong UMKM-UMKM Maluku Utara naik kelas tahap demi tahap”harap R.Eko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *