Bupati Kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku utara Hasan Ali Basam Kasuba melalui Sekretaris Daerah Safiun Radjulan, menegaskan program multiyears yang di dalamnya terdapat empat paket proyek penataan Kota Labuha dengan pagu anggaran sebanyak Rp 270 miliar, yang dicetuskan mendiang Bupati Usman Sidik bersama Bupati Basam tak digeser kemana – mana dan tetap berjalan sesuai rencana pembangunan.

“Saya sebagai ketua tim anggaran tahu betul program itu, jadi tidak di hapus dan tetap jalan sebagaimana di programkan awal, Kami Masih Komitmen Pembangunan,” tuturnya.

Dari sisi penganggaran, mantan Kepala Dinas Pendidikan Halmahera Selatan itu mengatakan bakal disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah setiap tahun.

Karena itu, pada tahun 2024 nanti, akan dilokasikan anggaran sebesar Rp 125 miliar untuk program multiyears tersebut.

“Jadi pada prinsipnya, semua progaram di tahun 2024 tetap diakomodir, tidak ada yang tidak diakomodir. Apalagi program yang sudah disepakati,” ujarnya.

Safiun menambahkan, Bassam Kasuba selaku Bupati Halmahera Selatan saat ini, telah meminta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk melanjutkan program yang sudah disepakati antara mendiang Usman Sidik dan Bassam Kasuba.

Pasalnya program-program yang dimaksud, berkaitan langsung dengan penyelesaian visi-misi Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilkada 2020 lalu.

“Jadi Pak Bupati yang sekarang meminta tetap dilaksanakan, sehingga tidak ada masalah. Untuk royek-proyek yang sudah dimasukkan dalam RPJMD dan sudah didistribusi ke rensra masing-masing dinas, itu insyaallah berjalan sebagaimana mestinya,” kata Safiun.

“Sekarang bisa di lihat, pekerjaan di kawasan pantai Mandaong tetap jalan, pembangunan Pasar Babang tetap jalan. Semua program multiyears tetap jalan,” Sambungnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Halmahera Selatan Ikbal Hi Mustafa menjelaskan, empat peket proyek yang masuk dalam program multiyears.

Terdiri dari penataan kawasan strategis ekonomi, pembangunan jembatan strategis, pembangunan jalan dan jembatan serta pembangunan dermaga semut.

Lokasi pembangunan, lanjut Ikbal, berada di Kecamatan Bacan, Bacan Selatan dan Bacan Timur.

“Jadi empat paket itu masuk di program multiyears atau pekerjaan tahun jamak,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *