Ribuan Warga Kota Ternate Pawai Obor Meriahkan Malam Lailatul Qadar

Ribuan warga tak terkecuali remaja dan anak-anak di Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar pawai obor untuk menyambut turunnya Malam Lailatul Qadar 27 Ramadhan 1445 H.

Pawai obor ini digelar di sepanjang jalan Kelurahan Dufa-Dufa, Ternate Utara, Kota Ternate yang berlangsung pada Sabtu (6/4/2024) malam tadi.

Tradisi malam Lailatul Qadar ini merupaka Tradisi turun temurun yang umumnya digunakan masyarakat adat Maluku Utara.

Dimana setiap H min 3 Lebaran Idul Fitri, Warga membakar obor didepan rumah mereka dan juga melakukan pawai obor dan di-iringi dengan lantunan sholawat nabi.

Ribuan warga saat memadati jalan di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate untuk menggelar pawai Obor

Biasanya warga setempat menyebut malam Lailatul Qadar adalah malam ela-ela. Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan tradisi ini diharapkan bisa menjadi tradisi syiar Islam yang hanya ada di Maluku Utara saat malam Lailatul Qadar.

“Tradisi ini tetap kami jaga kedepan, din nantinya juga bisa menjadi wisata religi yang dikenal dan bisa dipromosikan keluar,” ujar Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman.

“Sehingga orng bisa datang dan menyaksikan bahwa slahsatu bentuk dari tradisi Islam, dan merupakan bagian dari syiar Islam itu dilaksanakan di Ternate Maluku Utara yang merupakan bagian dari Kesultanan Ternate,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *