Bekas Kantor Dinas Pendidikan Halmahera Selatan Ludes Terbakar

‘Rumah kuning’ atau bangunan bersejarah yang terletak di jalan Oesman syah no 01, Labuha, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, ludes terbakar pada pagi tadi. Minggu (21/4/2024).

Bangunan yang dijadikan markas atau kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Halmahera Selatan ini diketahui terbakar pada pukul 05.30 WIT, lantaran diduga arus pendek listrik.

Kejadian ini, membuat warga sekitar panik, mereka berbondong-bondong memadamkan api menggunakan alat seadanya, namun sijago merah berhasil dijinakkan setelah 1 unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi.

Meski demikan, seluruh bangunan bekas Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halsel ini rata dengan tanah. Pemerintah setempat belum bisa memastikan kerugian akibat kebakaran tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Selatan, Safiun Radjulan, yang turun memantau langsung kondisi kebakaran mengatakan bahwa, jika bangunan tersebut masuk dalam cagar budaya maka Pemkab Halmahera Selatan akan melaporkan ini ke Pusat cagar budaya nasional di Jakarta.

“Untuk pastinya nanti kita kroscek di bagian Aset apakah bangunan ini masuk dalam cagar budaya atau tidak. Kami sudah laporkan ke pak Bupati Bassam Kasuba, selanjutnya menunggu beliau balik ke Bacan baru ditindaklanjuti.”beber Safiun.

Untuk diketahui, saat ini pihak Kepolisian setempat telah memasang garis polisi di area lokasi kebaran untuk melakukan olah TKP dan memastikan penyebab terjadinya kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *