Perjuangan Petugas KPU Halmahera Selatan saat Coklit di Desa Terpencil

Halmahera Selatan – Perjuangan petugas KPU di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara dalam melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit data pemilih di pelosok desa tidaklah mudah. Untuk menjangkau desa-desa terpencil mereka harus rela menaiki rakit menyebrangi sungai.

Seperti pelaksanaan Coklit di sejumlah Desa di Kecamatan Gane Timur Selatan dan Gane Barat Selatan misalnya, Bahkan para petugas menanduk sepeda motornya melewati sungai lantaran tidak adanya akses jembatan dan jalan yang memadai.

Petugas KPU Halsel menanduk sepeda motornya melewati sungai di Kecamatan Gane Barat Selatan.

Meskipun demikian, KPU Halmahera Selatan saat ini telah rampung melakukan Coklit di 30 Kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan, padahal deadline atau batas waktu coklit masih terbilang panjang.

Dimana batas waktunya mulai dari tanggal 24 juni hingga 24 juli 2024, namun KPU Halmahera Selatan berhasil merampungkan data E-Coklit maupun Coklit pada 15 juli kemarin.

“Sebenarya banyak kendala namun berkat kerjasama dan kerja keras petugas di lapangan akhirnya kami telah selesai melakukan coklit di 30 kecamatan di Halmahera Selatan” ujar Kardiv Perencanaan Data dan Informasi, Hendra Kamarullah. (16/7/2024).

Dalam coklit tersebut, Dimana terdata ada sebanyak 180.301 jiwa pemilih, dan terdapat 434 TPS yang tersebar di 30 kecamatan di Halmahera Selatan, data ini akan dimutakhirkan dan disahkan dalam rapat pleno pada bulan agustus mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *