Teken MoU dengan Pemkab Halsel dan Morotai, Begini Harapan Dekan Fikes UMMU

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan stakehokder di Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dan Morotai.

Untuk Halsel sendiri MoU bersama Dinas Kesehatan, RSUD Labuha, Puskesmas Babang, Puskesmas Gandasuli dan Puskesmas Labuha.

Nota Pendatanganan Kerjasama tersebut yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Andiani dan Kepala Dinas Kesehatan Halsel Asia Hasjim.

Selain itu penandatangan perjanjian kerjasama juga dilakukan di Pemkab Pulau Morotai yang dihadiri oleh Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat Yusnita.

Penandatanganan MoU di Morotai sendiri yakni Dinas Kesehatan dan KB, RSUD Ir.Soekarno, Puskesmas Sabatai Baru, Puskesmas Morodadi dan Puskesmas Daruba.

Dekan Fikes UMMU Andiani menjelaskan, Penandatangan perjanjian kerjasama merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti pendidikan, pengabdian masyarakat dan penelitian.

Dikatakan, dengan adanya perjanjian kerjasama ini, maka Fakultas Ilmu Kesehatan akan menurunkan mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan III (Magang) di instansi tersebut.

“Kegiatan magang yang direncanakan di mulai pada bulan Agustus dengan pelaksanaannya selama sebulan,” jelasnya.

Dekan Fikes UMMU ini juga berharap dengan pelaksanaan Magang ini, mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dan dapat berperan sebagai seorang tenaga kesehatan masyarakat.

Dikesempatan itu juga Andiani bilang Insya Allah di tahun 2025 akan dibuka Program Studi (S1) Gizi dan S1 Kesehatan Lingkungan serta program Pascasarjana Kesehatan Masyarakate.

“Smoga dengan adanya program pascasarjana dapat melahirkan para generasi anak daerah yang memiliki kompeten dan berkualitas dalam bidang kesehatan masyarakat,” tandasnya.

Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat ini lanjut Andiani, diharapkan dapat menjadi wadah bagi para lulusan S1 Kesehatan Masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta berkontribusi lebih dalam peningkatan kualitas kesehatan di daerah Maluku Utara.

“Dengan demikian, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara terus berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan profesional di bidang kesehatan, mendukung tercapainya visi dan misi institusi serta memberikan dampak positif bagi masyarakat luas,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *