Pemerintah Halmahera Selatan dan IPB Jalin Kerjasama Sektor Agromaritim

Jakarta – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) University resmi bekerjasama lewat penandatanganan Nota Kesepahaman dibidang Agromaritim, yang meliputi sektor Perikanan, Pertanian, Peternakan, Perkebunan  dan Kehutanan serta Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba, bersama Rektor IPB University, Prof Arif Satria yang bertempat di ruang rektorat gedung Kampus IPB University, Kota Bogor Jawa Barat, Kamis (12/09/2024).

Rektor IPB University, Prof Arif Satria dalam kesempatan itu memberikan apresiasi dan terima kasih atas kedatangan Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba di Kampus IPB.

Menurut Rektor sektor Agromaritim, harus dikembangkan.secara baik, dimana banyak inovasi – inovasi IPB saat ini

sudah ada yang dipasarkan di Mall seluruh indonesia.

Arif Satria yang juga tercatat sebagai Wakil Ketua Pansel KPK itu menambahkan bahwa banyak opsi yang bisa kita kembangkan dan garap dari seluruh sektor baik darat maupun laut.

Karena itu dia mempersilahkan Kepala Daerah untuk memanfaatkan  hasil inovasi teknologi pertanian yang telah dikembangkan di IPB University mulai dari proses produksi sampai dengan pemasaran yang telah berhasil diaplikasikan di masyarakat yang menyebar di seluruh tanah air.

Lanjut Rektor  bahwa melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah diharapkan potensi lokal pada masing-masing daerah dapat dioptimalkan dengan menggunakan pendekatan inovasi teknologi pertanian yang secara terus menerus dikemabangkan di IPB University.

“Kerjasama ini penting bagi kita untuk terus mndampingi dalam membangun kemitraan, kita berharap Perguruan tinggi di daerah manapun harus punya andil terhadap masyakarat sekitar dalam memberikan inovasi.”pinta Prof. Dr. Arif Satria,

Sementara itu Bupati Halmahera Selatan, Bassam Kasuba, mengucapkan terimakasih pada Rektor IPB University, yang telah memberikan kesempatan pada Pemkab Halmahera Selatan, untuk melakukan kerjasama di bidang Tridarma Perguruan Tinggi, dengan ruang lingkup pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka pembangunan daerah.

Bupati bilang Halmahera Selatan baru saja mengesahkan Ranperda tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah 2025 – 2045.

Dengan mengusung Visi daerah sebagai pusat Agromaritim yang maju dan berkelanjutan dalam bingkai Saruma.

Olehnya itu untuk mencapai visi tersebut sangat dibutuhkan kolaborasi membutuhkan semua stakeholder pembangunan termasuk perguruan tinggi.

Orang nomor satu di daerah ini bilang bahwa pihaknya menyadari konsep Agromaritim lahir di IPB dan sebagai satu satunya kampus yang memiliki konsep Agromaritim yang komprehensip.

“Semoga konsep – konsep Agromaritim yang sudah dibangun dengan basis riset yang panjang dapat di terapkan di Halmahera Selatan.”ungkap Bupati Bassam Kasuba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *