Gunung Ibu Terus Erupsi, Hembuskan Material Vulkanik 1500 Meter

Jailolo – Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara terus menghembuskan material vulkanik-nya pada pukul 15.58 WIT. Kolom abu erupsi ini teramati setinggi 1500 meter diatas permukaan puncak gunung. Selasa (17/9).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Pos Pengamatan Gunungapi Ibu mencatat erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi 1 menit 28 detik, sedangkan kolom abu intensitas tebal condong ke arah timur laut.

Erupsi Gunungapi ibu perhari ini (17/9) telah terjadi sebanyak 6 kali letusan, dimana erupsi paling besar dengan ketinggan kolom abu terjadi pada pukul 14.01 dan 15.58 WIT, letusan tersebut  terdengar dentuman hingga ke Pos pengamatan yang membuat kaca bangunan Pos pengamatan terasa bergetar.

“Terdengar dentuman hingga ke Pos dan kaca bangunan Pos PGA terasa bergetar”tulis PVMBG melalui reles resmi yang dkeluarkan pos pengamatan Gunungapi Ibu.

Saat ini Gunung Ibu berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi kepada  masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung serta wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *