Gunung Ibu Lontarkan Lava Pijar dan Hembuskan Material Vulkanik 1500 Meter

Jailolo – Gunungapi Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara kembali menunjukkan aktivitas erupsinya sebanyak puluhan kali letusan dalam satu hari terakhir. Erupsi dengan melontarkan lava pijar sejauh 300 meter terjadi pada Jum’at (20/9/2024).

Pos Pengamatan Gunung Ibu menjelaskan lava pijar yang dilontar terjadi beberapa kali, namun paling jauh yaitu 300 meter terjadi pada pukul 22.18 WIT Jum’at 20 September kemarin.

Erupsi tersebut menghembuskan material vulkanik setinggi 1500 meter diatas permukaan puncak gunung, sementara kolom abu teramati berwarna kelabu intensitas tebal mengarah ke timur laut.

“Telah terjadi erupsi Gunung Ibu, Maluku Utara pada tanggal 20 September 2024 pukul 22:18 WIT dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak”laporan resmi Pos Pengamatan Gunungapi Ibu.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi ± 1 menit 4 detik” laporan resmi PGA Ibu.

Saat ini Gunungapi Ibu berada pada Status Level III (Siaga), dengan rekomendasi warga di sekitar Gunung Ibu agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *